cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi dengan mudah

cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagiAsma atau sesak nafas adalah penyakit keturunan, keberadaan nya tidak dapat dihilangkan karena memang saluran pernafasan (mulai dari trakhea hingga bronkus/bronchi) penderita asma sedikit \’berbeda\’ dengan orang normal. Saluran pernafasan tersebut memiliki sensitivitas berlebih terhadap keadaan lingkungan atau alergi. Gejala nya adalah kesulitan bernafas dan nafas menjadi pendek, dada terasa berat, kadang disertai batuk.

Mencegah Asma Kambuh Tanpa Obat
Mencegah serangan asma terdiri dari dua bagian, bagian pertama dengan penciptaan lingkungan hidup yang sesuai dan yang kedua adalah pencegahan melalui makanan. Karena memang asma adalah hiper-sensitivitas saluran nafas yang sering dipacu oleh keadaan lingkungan. Makanan yang sesuai akan meningkatkan kekebalan tubuh, sedangkan penciptaan lingkungan yang baik adalah memangkas pemicu alergi. Jika keduanya dilakukan dengan baik, maka anda bisa terbebas dari ketergantungan inhaler. 🙂
Pencegahan Asma Lewat Lingkungan

Hindari bantal dan kasur kapuk, kasur spons atau springbed dilengkapi dengan bantal berbahan dracon lebih baik bagi penderita asma. Semua bahan tersebut bukanlah alergen (penyebab alergi) seperti kapuk.
Jangan pelihara hewan berbulu seperti anjing atau kucing. Bulu hewan ini bisa menyebabkan alergi, tapi jika sudah terlanjur memeliharanya; setidaknya anda bisa memeliharanya diluar rumah.

Jauhkan boneka dan karpet dari ruang tidur anda, kedua benda ini adalah sumber debu yang sulit dibersihkan. Jika terpaksa menempatkan benda tersebut di kamar, sebaiknya bersihkan dengan vaccum cleaner setidaknya sekali seminggu.
Jangan merokok dan hindari orang yang merokok.
Jangan gunakan pembersih berbahan karbol. Karbol / kreolin memiliki aroma yang kuat dan dapt memicu serangan asma.

Lakukan meditasi atau senam pernafasan, kedua kegiatan ini sangat membantu paru dan saluran pernafasan untuk bekerja secara optimal. Rileksasi yang didapat juga dapat membantu karena salah satu penyebab sulitnya bernafas saat asma menyerang adalah tegangnya otot-otot area bronkus dan dada. Saat kita melakukan olah nafas, tingkat CO2 didalam tubuh kita akan meningkat, dengan membiasakan tubuh pada keadaan ini anda akan menjadikan tubuh anda semakin kuat jika asma menyerang.

Lakukan olahraga ringan, olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tapi bagi penderita asma olahraga ringan dengan durasi panjang adalah pilihan yang lebih tepat. Olahraga seperti jalan santai lebih baik ketimbang lari sprint misalnya.
Selalu waspada terhadap alergi musiman, jika anda memiliki sensitivitas terhadap dingin, usahakan siapkan minuman penghangat tubuh seperti jahe. Dan rutin minum jahe di musim hujan dapat menjaga kesehatan anda agar tidak mudah terserang asma.

 

Mencegah Serangan Asma Lewat Makanan
cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi – Penanggulangan asma bukan hanya dari lingkungan, asupan gizi adalah hal yang memegang peranan penting agar asma tidak mudah menyerang. Rutin mengkonsumsi minyak ikan dan brokoli dapat membantu ketahanan tubuh terhadap asma. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega 3 dan 6, sedangkan brokoli kaya akan vitamin c, kalsium, magnesium dan zinc. Penelitian dari Harvard menemukan bahwa penderita asma biasanya kekurangan semua zat ini diakibatkan proses penyembuhan selama infalamasi. Jadi sebaiknya anda berikan suplai tambahan semua kebutuhan gizi esensial ini.

Kedua makanan ini adalah cara paling mudah mendapatkan Vitamin C, Kalsium, Vitamin D, dan Omega 3 dan 6 sekaligus. Jika anda benar-benar tidak menyukai nya silahkan ganti dengan kombinasi lain yang lebih sesuai.
Meredakan Asthma Yang Sedang Kumat Tanpa Inhaler
Kedua tips diatas adalah bagian pencegahan, dan kadang pencegahan bisa saja ditembus oleh penyakit membandel ini. Lalu apa yang harus anda lakukan ketika asma menyerang dan tidak ada obat modern yang bisa anda dapatkan?

Tetap Tenang Jangan Marah atau Panik
Saat asma menyerang kadang membuat penderitanya menjadi tambah kurang sabaran. Padahal ketika seseorang sedang emosi, seluruh otot tubuh akan tegang (termasuk otot di leher dan tenggorokan/ bronchi) sehingga semakin mempersulit pernafasan. Jadi ketika asma anda sedang kambuh, sebaiknya tahan emosi dan jangan sampai menjadikan asma kambuhan anda semakin parah.

Minum Kopi yang Kuat
Kopi mengandung kafein alami yang mirip dengan theophyline (obat asma modern), efek yang didapat adalah relaksasi otot pada batang tenggorokan sehingga aliran udara semakin lancar. Sebaiknya pilih kopi yang kuat (berkafein tinggi) untuk menghindari efek buruk kopi yaitu diuretic (menyebabkan dehidrasi). Ketika anda terserang asma, paru-paru cenderung lebih kering dari biasanya dan efek terlalu banyak minum kopi dapat menjadikannya lebih kering. Jadi pilih kopi yang kuat agar anda mendapat lebih banyak kafein dari tiap gelas kopi yang anda minum. Pantangannya adalah minum obat lain, karena kafein dapat mempercepat metabolisme dan detak jantung, jangan minum sambil mengkonsumsi obat lain. Hal ini dapat menyebabkan obat lebih cepat diserap tubuh dan mengakibatkan efek overdosis. Pantangan kedua adalah jangan minum lebih dari satu gelas selama 7 jam.

Makan Bawang Putih Mentah
Khusus jika asma anda kambuh karena adanya inflamasi, reaksi alergi atau karena luka di tenggorokan bawang putih adalah obat alami yang paling mujarab! Memiliki khasiat anti inflamasi, melancarkan peredaran darah. Selain itu bawang putih juga mengandung vitamin C yang merupakan salah satu anti radikal bebas yang sangat dibutuhkan untuk mengeluarkan histamin dari tubuh. Histamin adalah penyebab alergi yang paling umum. Selain itu bawang putih mentah merangsang tubuh untuk memproduksi prostacyclin, sebuah senyawa yang membuat saluran udara (dari hidung hingga paru-paru) terbuka sehingga memudahkan pernafasan.

Baca Juga: Cara mengobati asma dengan obat herbal

Pantangannya adalah jangan makan bawang mentah jika anda memiliki lambung yang sensitif dan efek pada lambung ini akan semakin terasa jika anda sedang dalam masa kehamilan, dan konsumsi berlebih dapat menyebabkan diare sehingga secukupnya saja (1-2 siung). Baca juga artikel lain tentang bawang putih
Kembali Pada Anda

cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi – Apakah anda penderita asma? dan apakah anda pernah mencoba sebagian tips yang saya anjurkan diatas? Bagaimana hasilnya? Masukan juga tambahan tips jika anda memilikinya, dan mungkin koreksi jika terjadi kesalahan karena meskipun saya sudah mencoba memberikan informasi se-akurat mungkin kesalahan tetap bisa terjadi. 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s